Saturday, September 7, 2024
Google search engine
HomeAgamaMaka Terhadap Anak Yatim, Janganlah Engkau Berlaku Sewenang-Wenang

Maka Terhadap Anak Yatim, Janganlah Engkau Berlaku Sewenang-Wenang

Join Group Media Dakwah Mushaira
bit.ly/GroupKajianIkhwan
bit.ly/GroupKajianAkhwat

๐Ÿ“— Program Tafsir Juz 30
๐ŸŒย Kelas UFA
๐ŸŽ™ Ustadz Firanda Andirja MA ุญูุธู‡ ู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰

๐ŸŒŸ Tafsir Surat Ad Dhuha ๐ŸŒŸ
Bagian 6 Ayat 9-10

โค๏ธ Ayat 9
9. ููŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู’ูŠูŽุชููŠู…ูŽ ููŽู„ูŽุง ุชูŽู‚ู’ู‡ูŽุฑู’

fa-ammaa alyatiima falaa taqhar

โ€œMaka terhadap anak yatim, janganlah engkau berlaku sewenang-wenangโ€

โœจ Tafsir
Yaitu โ€œsebagaimana dahulu engkau yatim lalu Allah mengayomimu maka janganlah engkau berlaku buruk kepada anak yatimโ€.

Ayat ini merupakan ayat yang paling dimengerti oleh Nabi. Beliau benar-benar mengetahui bagaimana kondisi seorang anak yatim karena Nabi pada masa kecilnya hidup dalam keadaan yatim. Dan yatimnya Nabi adalah yatim yang sempurna. Beliau sama sekali tak pernah merasakan kasih sayang seorang ayah, bahkan ditinggal mati pula oleh ibunya ketika beliau berumur 6 tahun, di saat dia mulai merasakan kasih sayang seorang ibu. Sehingga dia sangat mengetahui bagaimana perasaan seorang yang kehilangan ibu. Sehingga Nabi tidak mungkin mencela seorang yatim. Tidak mungkin Nabi akan bersikap sewenang-wenang terhadap anak yatim karena beliau pernah merasakan hidup dalam keyatiman.

Oleh karena itu, dalam sebuah hadits dari Sahl bin Saโ€™ad As-Saโ€™idi bahwa Nabi shallallahu โ€˜alaihi wasallam beliau bersabda:

ุฃูŽู†ูŽุง ูˆูŽูƒูŽุงููู„ู ุงู„ู’ูŠูŽุชููŠู…ู ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ู‡ูŽูƒูŽุฐูŽุง ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุจูุฅูุตู’ุจูŽุนูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณู‘ูŽุจู‘ูŽุงุจูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ูˆูุณู’ุทูŽู‰

โ€œAku dan orang yang mengurus anak yatim berada di surga seperti ini.โ€ Beliau mengisyaratkan dengan kedua jarinya yaitu telunjuk dan jari tengah.
(HR Al-Bukhari no. 6005)

โค๏ธ Ayat 10
. ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ุณู‘ูŽุงุฆูู„ูŽ ููŽู„ูŽุง ุชูŽู†ู’ู‡ูŽุฑู’

wa-ammaa alssaa-ila falaa tanhar

โ€œDan terhadap orang yang meminta-minta janganlah engkau menghardiknyaโ€

โœจ Tafsir
Yaitu โ€œsebagaimana dahulu engkau tersesat tidak mengerti akan ilmu dan iman, maka jika ada orang meminta (bertanya) ilmu kepadamu maka janganlah engkau menghardiknya, akan tetapi lembutlah kepadanya dan berikanlah ilmu kepadanyaโ€
(lihat Tafsir Ibnu Katsir 8/413).
Ini merupakan peringatan kepada para daโ€™i dan para ulama agar mereka bersabar dengan orang-orang yang bertanya kepada mereka, agar mereka bersabar dalam berdakwah. Karena memang betapa sering orang yang bertanya tidak memiliki (belum tahu) adab dalam bertanya, sehingga terkadang mengganggu para daโ€™i dan ulama tersebut. Jika mereka merasa terganggu maka ingatlah ayat ini agar mereka lebih bersabar, karena sungguh kesesatan (kejahilan) yang dimiliki penanya itu adalah kehinaan dan petunjuk (ilmu) yang mereka butuhkan itu adalah karunia yang besar.

Demikian juga ayat ini umum bukan hanya berkaitan dengan orang yang bertanya tentang ilmu. Maka apabila ada orang yang meminta-minta dan kita tidak mampu memberinya sesuatu, maka janganlah kita menghina dan menghardiknya, akan tetapi hendaknya mengatakan kata-kata yang halus kalau kita memang tidak punya.

Sikap seperti ini benar-benar diamalkan oleh Nabi, dimana Nabi tidak pernah menghardik orang yang meminta-minta. Bahkan Nabi disifati oleh para shahabat, ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ุงูŽ ูŠูŽุฑูุฏู‘ู ุณูŽุงุฆูู„ุงู‹ bahwa Nabi sama sekali tidak pernah menolak orang yang meminta kepadanya. (HR Al-Bukhari no 2093).

Jangankan membentak, orang yang meminta saja tidak pernah beliau tolak seandainya beliau memang punya.
Anas bin Malik radhiallahu โ€˜anhu berkata :

ู…ูŽุง ุณูุฆูู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุฅุณู’ู„ุงู…ู ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง ุฅู„ุง ุฃุนู’ุทูŽุงู‡ู. ู‚ูŽุงู„ูŽ: ููŽุฌูŽุงุกูŽู‡ ุฑูŽุฌูู„ูŒ (ูˆููŠ ุฑูˆุงูŠุฉ : ุณุฃู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุบู†ู…ุง ุจูŠู† ุฌุจู„ูŠู†) ููŽุฃุนู’ุทูŽุงู‡ู ุบูŽู†ู…ู‹ุง ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุฌูŽุจูŽู„ูŽูŠู’ู†ูุŒ ููŽุฑูŽุฌูŽุนูŽ ุฅู„ูŽู‰ ู‚ูŽูˆู’ู…ูู‡ูุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ูŠูŽุงู‚ูŽูˆู’ู…ูุŒ ุฃุณู’ู„ูู…ููˆุงุŒ ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู‹ุง ูŠูุนู’ุทูู‰ ุนูŽุทูŽุงุกู‹ ู„ุง ูŠูŽุฎู’ุดูŽู‰ ุงู„ู’ููŽุงู‚ูŽุฉูŽ

โ€œTidaklah Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam diminta sesuatu -demi untuk masuk Islam- kecuali Rasulullah akan berikan.
Maka datang seseorang (dalam riwayat yang lain : Orang ini meminta kepada Nabi shallallahu โ€˜alaihi wasallam kambing sepenuh lembah diantara dua gunung) maka Nabi memberikan kepadanya kambing sepenuh lembah, lalu iapun kembali kepada kaumnya dan berkata, โ€œWahai kaumku, masuklah kalian ke dalam Islam, sesungguhnya Muhammad memberi pemberian tanpa takut kemiskinan sama sekali.โ€
(HR Muslim no. 2312)

Nabi tidak hanya memberikan kepada kaum muslimin, bahkan Nabi juga memberi untuk non muslim dalam rangka menarik hati mereka ke dalam Islam. Akhirnya orang yang meminta kambing sepenuh lembah itupun masuk Islam, bahkan ia pulang ke kaumnya mendakwahi mereka dengan menjelaskan kedermawanan Nabi shallallahu โ€˜alaihi wasallam.

Dan diriwayatkan pula dari Ibnu Syihab tentang kisah seorang sahabat yang awalnya sangat kepada Nabi. Ibnu Syihab beliau berkata :

ุบูŽุฒูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุบูŽุฒู’ูˆูŽุฉูŽ ุงู„ู’ููŽุชู’ุญู โ€“ ููŽุชู’ุญู ู…ูŽูƒู‘ูŽุฉูŽ โ€“ ุซูู…ู‘ูŽ ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุจูู…ูŽู†ู’ ู…ูŽุนูŽู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู†ูŽุŒ ููŽุงู‚ู’ุชูŽุชูŽู„ููˆุง ุจูุญูู†ูŽูŠู’ู†ูุŒ ููŽู†ูŽุตูŽุฑูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุฏููŠู†ูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู†ูŽุŒ ูˆูŽุฃุนู’ุทูŽู‰ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽุฆูุฐู ุตูŽูู’ูˆูŽุงู†ูŽ ุจู’ู†ูŽ ุฃู…ูŠู‘ูŽุฉูŽ ู…ูุงุฆูŽุฉู‹ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุนูŽู…ูุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ู…ูุงุฆูŽุฉู‹ุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ู…ูุงุฆูŽุฉู‹.

โ€œRasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam melakukan perang menaklukkan kota Mekah, lalu Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam pergi bersama kaum muslimin bertempur dalam perang Hunain, maka Allah memenangkan agamaNya dan kaum muslimin. Dan pada hari itu Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memberikan kepada Sofwan bin Umayyah 100 ekor unta, lalu 100 ekor unta, lalu 100 ekor unta.โ€

Saโ€™id Ibnul Musayyib berkata bahwasanya Sofwan bin Umayyah berkata :

ูˆูŽุงู„ู„ู‡ู ู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ุฃุนู’ุทูŽุงู†ูู‰ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู…ูŽุง ุฃุนู’ุทูŽุงู†ูู‰ุŒ ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ุฃุจู’ุบูŽุถู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุฅู„ูŽู‰ู‘ูŽุŒ ููŽู…ูŽุง ุจูŽุฑูุญูŽ ูŠูุนู’ุทููŠู†ูู‰ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุฅู†ู‘ูŽู‡ู ู„ุฃุญูŽุจู‘ู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุฅู„ูŽู‰ู‘ูŽ

โ€œDemi Allah, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam telah memberikan kepadaku apa yang ia berikan, padahal ia adalah orang yang paling aku benci. Namun Nabi terus memberikan kepadaku hingga akhirnya ia adalah orang yang paling aku cintai.โ€ (HR Muslim no. 2313)

Dari beberapa kisah ini tampaklah bahwa Nabi benar-benar mengamalkan firman Allah โ€œDan terhadap orang yang meminta-minta janganlah engkau menghardiknyaโ€, bahkan lebih dari itu, Nabi selalu memberikan barang yang dia punyai.
__________
Di Publikasi Ulang Oleh Group Media Dakwah Mushaira

Sumber :
Bekalislam.firanda.net

(gwa-mida-jatim).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments